Tips Agar Freelancer Mendapatkan Rating Dan Review Positif Dari Klien

Sebagai freelancer kamu akan selalu dipertemukan dan dihadapkan dengan klien yang menyediakan proyek pekerjaan. Jika tidak profesional dan hasil kerja tidak maksimal, klien bisa memberikan rating dan review yang kurang bagus.

Nah, kalo reputasi kamu kurang bagus, kamu bisa kesulitan mendapatkan proyek lagi kedepannya. Karena ketika klien menawarkan sebuah proyek ia akan menyeleksi dari sekian banyak freelancer yang melamar.

Selain melihat portofolio kamu, klien juga akan melihat rating dan membaca review dari klien yang pernah bekerjasama dengan kamu sebelumnya.

Jadi rating dan review dari semua pekerjaan yang pernah kamu selesaikan sebaiknya semuanya Positif dan memuaskan. Dengan begitu kamu akan mendapatkan perhatian lebih dari sekian banyak freelancer yang melamar.

Nah, supaya kamu bisa mendapatkan rating dan review bagus dari klien, di bawah ini ada beberapa tips untuk mendapatkan rating dan review positif dari klien.

1. Sopan dan ramah terhadap klien

Bersikap sopan dan ramah merupakan hal yang paling penting dalam menghadapi atau berkomunikasi dengan klien. Karena dengan begitu, klien akan merasa nyaman dan dihargai selama bekerja denganmu.

Jangan lupa juga untuk selalu berterima kasih kepada klien.


2. Responsif

Komunikasi juga merupakan hal penting dalam kerja freelance. Segeralah menjawab saat klien menghubungimu sehingga klien tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui kepastianmu terhadap pekerjaan.

Respons yang terlalu lama bisa berpengaruh terhadap rating kamu nantinya. Atau bahkan kamu bisa kehilangan proyek yang sedang dikerjakan.

3. Berikan hasil kerja terbaik

Setelah merekrut kamu, klien pasti mengharapkan hasil pekerjaan yang berkualitas. Oleh karena itu, berikanlah hasil pekerjaan yang terbaik, orisinal,dan sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang diberikan klien.

Jika memungkinkan, berikan hasil pekerjaan yang lebih dari yang diharapkan oleh klien.

4. Selesaikan dengan cepat dan tepat waktu

Jika sudah mengetahui deadline pekerjaan yang diberikan klien, aturlah waktumu untuk bisa menyelesaikan setiap pekerjaan.

Selesaikanlah dengan cepat dan lebih awal sebelum deadline.

Jangan sekali-kali menunda pekerjaan dan juga jangan terburu-buru. Pekerjaan yang terburu-buru akan menurunkan kualitas pekerjaanmu yang berakibat pada rating dan review yang akan kamu dapatkan nanti.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan rating dan review positif dari klien. Teruslah jaga reputasimu sebagai freelancer.

Jangan sampai klien memberimu rating dan review buruk karena hanya satu kesalahan kecil. Ingatlah untuk terus semangat dan pantang menyerah dalam bekerja. Semoga tips di atas bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Freelancer Mendapatkan Rating Dan Review Positif Dari Klien"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel