Lebih Menyenangkan Kerja Freelance Atau Kerja Kantoran?

Kalo kamu yang baru memulai karir di dunia kerja dan disuruh untuk memilih kerja freelance atau kerja kantoran, kamu pilih apa?

Mungkin kamu akan kebingungan memilih kedua jenis pekerjaan tersebut. Masing-masing tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

Tidak jarang kerja freelance bisa jadi lebih nyaman bagi sebagian orang. Karena dirasa lebih fleksibel dari sisi waktu dan tempat.

Namun, banyak juga orang yang lebih memilih kerja kantoran lantaran bisa memiliki penghasilan yang tetap setiap bulannya.

Baiklah, berikut ini ada penjelasan kelebihan dan kekurangan antara kerja freelance dan kerja kantoran. Semoga bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk pilihan karirmu.

1. Kerja freelance

Freelance atau kerja lepas biasanya dikaitkan dengan orang yang bekerja sendiri dan tidak terikat. Pekerjaan seperti ini memang sedang diminati generasi milenial. Karena lebih memiliki kebebasan dalam bekerja, waktu dan tempat.

Tapi kerja freelance juga memiliki kekurangan tersendiri yang bisa membuat sebagian orang yang tidak sabar dan meninggalkan pekerjaan ini.

Walaupun begitu, sebagian freelancer yang bisa mengatasi kekurangan tersebut sehingga bisa bertahan sebagai pekerja lepas.

Supaya kamu lebih paham dan jelas soal kerja freelance, silakan simak beberapa kelebihan dan kekurangan kerja freelance berikut ini.

Kelebihan kerja freelance 

1. Kamu bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. Freelancer biasanya bekerja secara remote atau dilakukan di rumah atau di mana saja.

Jadi, kamu bisa mengerjakan pekerjaan di rumah pada malam hari atau bahkan saat liburan di luar kota.

2. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan bahkan bisa lebih besar dari penghasilan pekerja kantoran jika kamu mendapatkan banyak proyek dan hasil pekerjaanmu bagus.

3. Tidak ada yang mengawasi atau mengatur kamu saat bekerja. Saat kamu menjadi freelancer, kamu adalah bos untuk dirimu sendiri sehingga segala sesuatunya kamu yang mengatur dan juga yang bertanggung jawab.

Karena memiliki waktu dan tempat kerja yang fleksibel, maka tidak heran jika freelancer bisa memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga atau orang tercinta. 

Kekurangan kerja freelance 

1. Karena waktu kerja freelance yang fleksibel, kamu akan kesulitan membedakan mana waktu kerja dan mana waktu untuk istirahat.

Kamu bisa saja bekerja 24 jam penuh atau lembur dan bahkan bekerja di hari libur sehingga terkadang waktu istirahat atau tidur menjadi berantakan.

2. Kamu tidak mendapatkan penghasilan yang tetap. Kerja freelance memang bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari penghasilan pekerja kantoran.

Namun, jika kamu sedang sepi job atau sulit mendapatkan klien, jangan harap bisa mendapatkan penghasilan yang besar. Kamu akhirnya harus memutar otak saat berada disituasi seperti itu untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupmu.

3. Saat kerja freelance, kamu bisa merasa tertekan atau stress karena kurang istirahat atau bisa juga karena gak ada job.

Jadi, tidak hanya pekerja kantoran saja yang bisa stress karena pekerjaan, freelancer pun bisa merasakannya.

4. Kamu tidak mendapatkan tunjangan seperti kesehatan, lembur, dan lain-lain sehingga harus menanggung sendiri jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi.


2. Kerja kantoran

Kerja kantoran apalagi bekerja di perusahaan yang ternama memang menjadi pekerjaan impian hampir semua orang.

Pekerjaan yang biasa disebut kerja full-time ini merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang di suatu perusahaan dan biasanya dikontrak untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan dari kedua belah pihak.

Meskipun menjadi salah satu pekerjaan impian, kerja kantoran memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang bisa kamu simak berikut ini.

Kelebihan kerja kantoran 

1. Kamu bisa mendapatkan penghasilan yang tetap setiap bulannya. Dengan penghasilan tetap, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk memenuhi kebutuhan hidupmu setiap bulannya.

2. Kamu bisa mendapatkan fasilitas kerja dari kantor. Seperti komputer, laptop, makan siang dan fasilitas kantor lainnya. Fasilitas tersebut tentunya digunakan untuk menunjang pekerjaanmu di kantor.

3. Saat bekerja di suatu perusahaan, otomatis kamu akan bertemu banyak orang yang menjadi rekan kerjamu. Rekan kerjamu tersebut bisa saja memberikan motivasi dan inspirasi sehingga kamu bisa lebih semangat saat bekerja.

4. Berbagai tunjangan bisa kamu dapatkan saat bekerja di kantor. Kamu bisa mendapatkan tunjangan berupa kesehatan, hari raya, lembur, dan lain-lain.

Perusahaan memang wajib memberikan tunjangan kepada karyawannya karena hal tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Kekurangan kerja kantoran

1. Kerja kantoran memiliki waktu dan tempat yang kurang fleksibel. Kamu diharuskan bekerja di kantor dengan jam kerja yang sudah ditetapkan.

Apalagi jika kamu memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan dalam tenggat waktu tertentu. Akhirnya, kamu harus lembur dan menghabiskan waktu malammu di kantor.

2. Kamu akan selalu diawasi saat bekerja. Jika kamu kerja kantoran, otomatis kamu memiliki atasan yang akan selalu mengawasimu saat melakukan pekerjaan di kantor. Seringkali hal ini bisa membuat kamu menjadi tertekan.

3. Kamu tidak akan selalu suka dengan orang-orang yang bekerja denganmu. Kamu pasti akan menemukan rekan kerja yang memiliki berbagai macam sifat dan karakter.

Ada yang suka bersaing namun dengan cara yang tidak sehat. Ada juga yang suka mencari muka di depan atasan.

4. Kamu tidak memiliki waktu untuk mengejar passion dan minatmu yang lain karena sibuknya bekerja di kantor.

Namun, ada juga sebagian orang yang masih sempat mengejar passionnya di bidang lain sambil bekerja tergantung bagaimana kamu mengatur dan membagi waktunya.

Itu dia penjelasan serta kelebihan dan kekurangan antara kerja freelance dan kerja kantoran.

Sebenarnya, kedua pekerjaan tersebut sama baiknya selama tidak menentang ketentuan hukum yang berlaku. Jika kamu tipe orang yang suka dengan kebebasan dan tidak terikat, kerja freelance bisa menjadi pilihanmu.

Dan jika kamu tipe orang yang lebih teratur dan ingin penghasilan yang tetap, kerja kantoran sudah pasti cocok untukmu.

Namun, tidak jarang juga orang memilih kerja kantoran sekaligus kerja freelance sebagai pekerjaan sambilannya. Semua itu tergantung kepada pilihan dan keputusan masing-masing.

Nah, setelah sudah saya jelaskan sekarang kamu lebih memilih kerja freelance atau kerja kantoran?

Belum ada Komentar untuk "Lebih Menyenangkan Kerja Freelance Atau Kerja Kantoran?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel