Cara Klien Memilih Freelancer Yang Tepat!

Kali ini saya akan memberikan tips untuk para klien yang ingin mencari freelancer yang tepat untuk proyek mereka. Dalam memilih freelancer memang agak tricky. 

Biasanya dari sekian banyak freelancer yang mengajukan proposal, seorang klien harus memilih satu dari sekian banyak. Nah, karena bisa jadi dari satu proyek saja akan ada puluhan yang mengirim proposal.

Tapi jangan kuatir, saya akan memberikan tips bagaimana untuk memudahkan kamu dalam memilih. Berikut tipsnya:

1. Sesuaikan dengan budget

Biasanya tak lama setelah anda mengepost proyek akan mulai datang satu persatu freelancer yang melamar. Tahap pertama, kalau freelancer tersebut menentukan harga (Bid) yang jauh diatas budget kamu, eliminasi saja.

Alasannya apa?

Karena sebagus apapun freelancer tersebut tetap akan sulit juga pada saat negonya nanti, kalo harga jauh diatas. Jadi mending di eliminasi.

Karena dengan begitu kamu jadi tidak kebingungan kedepannya dengan munculnya banyak lamaran yang datang karena sudah mulai disaring dari awal.

Jadi itu tadi seleksi tahap awal. Freelancer yang menawar "gak masuk diakal" mending di eliminasi.

Sama seperti yang pernah saya lakukan. Gak peduli sebagus apa profile dan kualitas si freelancer tersebut. Kalau dia meminta harga yang yang jauh di atas budget saya, ya saya eliminasi.

2. Melihat profil freelancer

Setelah menemukan freelancer yang bidding harga yang sesuai dengan yang diharapkan, atau bahkan biding dibawah barulah diintip profile mereka satu per satu.


Melihat portofolio, review dari klien sebelumnya (kalau ada) dan melihat contoh dari pekerjaan yang pernah freelancer kerjakan.

Misalkan, Kalau proyek yang ingin dikerjakan dalam hal Menulis artikel dan disitu freelancer memberikan contoh tulisan atau blog, kamu bisa mulai membacanya. Perhatikan apakah gaya penulisannya sesuai dengan yang kamu harapkan atau tidak.

3. Mengintip kualitas

Selain melihat contoh pekerjaan yang pernah dilakukan seperti yang sudah saya sebutkan diatas, kamu juga bisa melihat review dari klien sebelumnya yang pernah bekerja sama dengan freelancer.

Kalau ada, baca juga beberapa review dari mereka. Lihat apakah review mereka positif atau tidak. Kalau di situ ada sistem rating sebaiknya dilihat juga.

Sebaiknya, sih, pilihlah silencer dengan rating di atas 4. Kalau ratingnya dibawah 4 kemungkinan kerjanya kurang bagus atau tidak profesional.

Baca juga review dari klien sebelumnya. Kalau hampir semua positif dan merasa puas, maka freelancer termasuk berkualitas. Selanjutnya tinggal kamu keep untuk sebagai calon kandidat yang akan mengerjakan proyek kamu.

Jadi lakukan hal yang sama terhadap semua pelamar. Sampai kamu menemukan yang paling sesuai dengan yang diharapkan.

Tahapan akhir

Kali ini saya anggap kamu sudah menyeleksi puluhan atau bahkan lebih dari freelancer yang melamar. Dari semuanya mungkin kamu sudah menemukan 1, 2 atau 3 kandidat kuat untuk dipercayakan mengerjakan proyek kamu.

Selanjutnya pilih salah satu yang menurut kamu paling berkualitas dan mulailah melakukan chat untuk mengkonfirmasi beberapa hal.

Seperti mengkonfirmasi harga Bid yang ada. Tanyakan juga apakah freelancer sanggup mengerjakan sesuai deadline yang sudah ditentukan. Atau tanyakan apakah si freelancer bisa langsung mulai mengerjakan proyek atau tidak.

Ini penting ditanyakan, karena bisa saja si freelancer masih mengerjakan proyek orang lain dan dia tidak yakin bisa menyelesaikan deadline sudah kamu tetapkan. Dia merasa gak enak dan gak nyangka kalo kamu memilihnya. Makanya perlu dikonfirmasi ulang.

Selanjutnya tunggu balasan dari chat yang kamu tanyakan tadi. Kalau terlalu lama balasnya kamu bisa beralih ke kandidat yang lain, dan menanyakan hal yang sama.

Karena masalah responsif atau tidak menurut saya itu penting juga. Saya sendiri pernah mengalami menemukan freelancer yang portofolionya bagus tapi sangat lelet.

Sudah dipilih dia sangat tidak komunikatif. Masa chat saya baru dibalas hampir satu minggu kemudian. Jadi masalah responsif itu penting juga.

Jadi bisa mendapatkan freelancer yang profesional itu bagus. Tapi tentu mendapatkan freelancer yang komunikatif dan punya atitude baik juga penting. Dengan begitu proyek yang kamu percayakan bisa lancar dan kamu gak perlu kecewa.

Belum ada Komentar untuk "Cara Klien Memilih Freelancer Yang Tepat!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel