Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan Di Freelancer.com

Saat ini, karir sebagai freelancer mulai sama populernya dengan trendenterpreneurship atau kewirausahaan. Pertimbangannya adalah karena kondisi perekonomian dan bursa kerja yang tidak stabil.

Kenapa banyak oranglebih suka menjadi pekerja lepas?

Faktor utamanya adalah kebebasan untuk menentukan jam kerja dan kemudahan untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa hambatan ruang dan jarak.

Dalam artikel kali ini, saya akan bantu kamu untuk lebih memahami freelancer.com

Mengingat ini adalah website internasional dengan banyak sekali pengguna dan proyek yang ditawarkan, maka dibutuhkan usaha ekstra untuk bisa berhasil meyakinkan klien untuk merekrut kamu.

Ingat, saingan kamu dari seluruh penjuru dunia. Ratusan! Jadi, kamu harus bisa tampil menonjol kalau ingin dipilih.

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang cara mendaftar di freelancer.co.id, proses melamar kerja di situs ini disebut bidding. Sebelum kita mulai dengan tips suksesnya, ayo kita lihat dulu – sepintas saja – tentang bagaimana cara untuk memulai proses bidding.

- Pertama, kamu cukup klik tab work melalui dashboard. Lalu pilih apakah kamu ingin melihat semua proyek yang terbuka atau kamu ingin memfilter berdasarkan keahlian tertentu.

- Selanjutnya, setelah list proyek muncul, kamu bisa memfilter sesuai kebutuhan. Apakah itu nilai proyek, waktu pengerjaannya, lokasi, dan bahasa yang digunakan.

Semakin banyak spesifikasi yang kamu masukkan, semakin mudah juga untuk menemukan proyek yang paling sesuai dengan keinginan.

- Kemudian, dari list yang tersedia, pilih proyek yang kamu inginkan lalu klik bidnow. Baca baik-baik deskripsi proyek tersebut, jika memang benar-benar cocok, lanjutkan dengan meng-klik "bid on this project."

- Sekarang, kamu bisa mengisi kolom-kolom yang diperlukan, seperti jumlah pembayaran yang kamu inginkan dan berapa waktu yang kamu butuhkan untuk bisa menyelesaikan proyek tersebut.

- Terakhir, tulis proposal kamu disertai portfolio dan file-file pendukung lain jika diminta oleh klien. Kalau sudah yakin, klik submit proposal. Selesai.

Kamu sekarang sudah tahu bagaimana cara melakukan bidding. Nah, ini saatnya melihat tips untuk bisa memenangkan proyek yang kamu incar.

1. Baca deskripsi proyek dengan baik

Kalau proposal yang kamu kirimkan tidak sesuai dengan apa yang diminta proyek tersebut, sudah pasti klien akan menganggap kamu tidak paham dan tidak layak untuk direkrut.

Jadi, pastikan kamu betul-betul paham apa yang harus dikerjakan.


2. Buat proposal yang jelas dan padat

Yang harus selalu diingat saat melamar pekerjaan adalah; kamu bukan satu-satunya orang yang berminat untuk direkrut.

Si employer ini mungkin harus baca puluhan bahkan ratusan proposal. Jadi, mereka mungkin tidak akan baca seluruh isi proposal dengan detail, cukup bagian-bagian pentingnya saja. Karena itu, usahakan untuk tidak menulis surat lamaran yang panjang, bertele-tele, dan lebay.

Mereka sudah malas duluan lihat proposal semacam itu. Usahakan singkat tapi mengena dan enak dibaca dalam waktu cepat.

3. Sampaikan permintaan kamu dengan jelas

Bukan cuma klien yang boleh mengajukan persyaratan, kamu sebagai freelancer juga boleh punya permintaan. Tapi pastinya harus jelas, sesuai proyek dan karakter klien.

Usahakan sejelas mungkin menyampaikan apa saja yang bisa kamu berikan untuk proyek tersebut. Berapa banyak pembayaran yang kamu minta. Dan berapa lama pekerjaan ini bisa kamu selesaikan.

Proposal yang tidak jelas akan membuat kamu terlihat tidak percaya diri, dan kalau kamu sendiri tidak PD, bagaimana klien bisa percaya kamu untuk menyelesaikan proyek mereka. Iya, kan?

4. Responsif

Semua employer suka freelancer yang cepat tanggap dan responsif, jadi pastikan kamu selalu bisa dihubungi dan menghubungi.

5. Gunakan mobile app freelancer

Kalau kamu sudah bergabung dengan freelancer.co.id, lebih baik install juga aplikasi mobile-nya di handphone kamu. karena ini akan sangat memudahkan komunikasi kamu dengan klien dan update lowongan kerja baru akan sampai pada kamu secara real time.

6. Upload contoh kerja di portfolio

Selain CV yang memikat dengan daftar panjang riwayat pendidikan dan pengalaman kerja, portfolio juga memegang peranan penting dalam melamar pekerjaan. Karena ini adalah pembuktian dari semua keahlian yang kamu tulis di profile.

Ingat, kualitas lebih penting daripada kuantitas. Lebih baik mengirim satu atau dua portfolio terbaik yang cocok dengan deskripsi proyek daripada setumpuk tapi tidak menonjol.

7. Berikan harga yang bersaing

Kompetitif tidak berarti kamu harus memberikan penawaran harga paling rendah saat bidding. “Melelang” jasa di pasar kerja global memang tidak mudah, tapi kalau hasil kerja kamu memang diatas rata-rata, klien mungkin saja mau membayar kamu sesuai dengan harga yang kamu minta.

Nah, kalau masih pemula lebih baik berusaha membangun reputasi dulu sebelum memikirkan berapa banyak yang bisa didapat dari suatu proyek. Pelan tapi pasti “harga” keahlian kamu juga akan meningkat.

8. Jangan over PD

Percaya diri itu bagus, tapi kalau berlebihan juga bisa bikin klien malah jadi tidak tertarik. Cukup jujur saja tentang kemampuan dan keahlian kamu, dan ini bisa jadi modal untuk bertahan lama di dunia freelancing.

9. Baca ulang proposal sebelum di kirim

Perhatikan apakah sudah ditulis dengan jelas. Proyek apapun yang kamu kamu bid. Kalau proposalnya payah bisa merugikan diri kamu sendiri karena menunjukkan lemahnya perhatian kamu pada deskripsi proyek dan juga menampakkan workhabit yang buruk.

Inti dari semua tips diatas adalah; tulis proposal yang bagus dan lampirkan portfolio yang terbaik. Apapun keahlian utama kamu, kemampuan menulis surat lamaran yang meyakinkan harus dikuasai.

Untuk beberapa jenis pekerjaan, bolehlah kamu minta tolong kenalan yang pintar merangkai proposal selama seluruh ide dan pemahamannya datang dari kamu. Karena nantinya kamu yang akan mengerjakan proyek, kan?

Nominal bidding tidak selalu jadi faktor penentu berhasil atau tidaknya kamu mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Jadi jangan terlalu kuatir soal ini selama kemampuan kerja kamu meyakinkan.

Happy bidding!

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan Di Freelancer.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel