Tips Freelancer Online Dalam Menentukan Harga

Sebagai freelancer penetuan harga (Bid) adalah sesuatu yang tricky. Tapi kali ini saya akan menjelaskan terutama untuk freelancer baru atau yang masih pemula.

Kalo freelancer yang sudah profesional mereka noting to lose kalo masalah harga. Biasanya proyek yang datang kepada mereka lumayan lancar.

Mereka gak perlu bersusah payah meraihnya. Kalo pun mereka ikutan Bid "melawan" puluhan atau ratusan pelamar, ya mereka nyantai aja. Diterima syukur, kalo gak ya gak apa-apa.

Apalagi yang sudah punya rating dan review yang banyak. Ada yang jumlahnya mencapai puluhan/ratusan.

Dengan banyaknya klien yang sudah pernah bekerjasama tentu mendapatkan proyek lagi gak sulit. Bahkan mungkin ada juga beberapa yang menolak-nolak karena kebanjiran job.

Apa alasannya?

Yaa tentu saja dengan jam terbang yang tinggi sudah banyak sekali proyek yang diselesaikan. Dengan cukup "duduk manis" klien yang dulu pernah puas akan kembali lagi menawarkan pekerjaan baru.


Dan biasanya mereka sudah pede menentukan harga yang diinginkan. Bahkan pengalaman saya sebagai klien mereka pernah Bid harga bisa 5 - 10x lipat dari budget yang saya tentukan. Gila, ya!

Tapi gak apa-apa, saya gak heran koq. Apalagi setelah saya pernah intip rating mereka ada yang hampir semua bagus. Belum lagi ada yang sudah dapat puluhan atau bahkan ratusan Review positif dari klien sebelumnya yang puas.

Ada yang lucu. Ada freelancer baru, yang rating dan review-nya masih kosong. Ditambah lagi portofolio-nya juga gak ada, ehhh .. dia berani Bid 30x lipat dari budget. Haduhh .. gak sadar diri.

Oke sudah cukup cerita yang indah-indah. Terus sekarang bagaimana dengan freelancer pemula?

Yang masih pendatang baru di dunia freelance. Portofolionya masih alakadarnya. Review dan rating-nya juga masih kosong, apa yang harus dilakukan?

Baik. Ini mungkin pendapat pribadi saya, ya. Terserah kamu mau dipraktekkan atau tidak.

Tipsnya:

Kalo kamu masih "hijau" dan belum berpengalaman, lupakan dulu masalah uang. Utamakan bangun reputasi kamu dulu.

Kalo bisa rapikan portofolio kamu. Isi dengan baik profilnya juga.

Begitu ada klien yang membuka lowongan proyek, cobalah Bid/menawar sedikit atau maksimal setengah dari harga kalo kamu mau turunkan lagi.

Maksudnya supaya kamu mengambil hati calon klien dan mau bersedia mempercayakan pekerjaan kepadamu.

Kalo sampai si klien akhirnya berani "mengambil resiko" mempercayakan kepadamu yang belum berpengalaman, kerjakan proyek tersebut semaksimal mungkin.

Buktikan bahwa klien tidak salah mempercayakan pekerjaan ini kepadamu. Biarlah untuk diawal karir kamu bersusah payah dan kerja keras untuk membangun reputasi.

Semakin kamu memberikan yang terbaik, pelan-pelan semakin mudah kamu mendapatkan proyek berikutnya. Dengan reputasi, rating yang bagus dan review positif dari klien merasa puas, masalah bayaran pelan-pelan akan ikut naik.

Jadi di awal karir kamu sebagai freelancer online biarkan penuh kerja keras. Profesional. Dan berikan selalu kualitas. Setelah sekian lama tanpa sadar, pekerjaan dan uang akan datang dengan sendirinya :D

Belum ada Komentar untuk "Tips Freelancer Online Dalam Menentukan Harga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel