Perbedaan Kerja Freelance Dengan Kerja Part Time!

Tidak sedikit terutama kalangan mahasiswa/pelajar memilih bekerja freelance atau part-time. Biasanya mereka memilih kedua pekerjaan tersebut untuk mencari penghasilan tambahan atau hanya untuk sekedar memanfaatkan waktu senggang.

Kerja freelance dan part-time memang terlihat seperti memiliki konsep yang sama. Namun, ternyata kedua jenis pekerjaan tersebut sangat berbeda. Maka dari itu, terkadang masih banyak orang yang bingung perbedaan antara keduanya.

Kalo kamu yang ingin mulai kerja freelance atau part-time, sebaiknya simak terlebih dulu perbedaan antara kerja freelance dan part-time berikut ini.

1. Kerja freelance

Kerja freelance atau disebut juga pekerja lepas. Merupakan pekerjaan dimana seseorang bekerja sendiri atau mandiri dan tidak selalu terikat kontrak jangka panjang.

Kerja freelance biasanya dikerjakan secara remote atau dikerjakan di rumah atau dimana saja.

Namun, tidak menutup kemungkinan para freelancer harus datang ke lokasi bekerja atau bertatap muka langsung dengan klien. Tergantung kesepakatan antara freelancer dengan yang klien.


Pada umumnya, seorang freelancer harus memiliki kemampuan khusus dan pengalaman.

Ada pun bidang pekerjaan yang biasa dan sering dikerjakan oleh freelancer, seperti komputer & IT, akunting, editing, proofreading, penulisan, penerjemahan, administrasi, data entry, project management, software development, dan bidang pekerjaan lainnya.

2. Kerja part-time

Sebenarnya, kerja part-time sama dengan kerja full-time yang membedakan hanya jam kerjanya saja.

Kerja part-time atau paruh waktu memiliki jam kerja lebih sedikit atau setengah dari jam kerja full-time atau penuh waktu.

Pekerja full-time rata-rata bekerja 40 jam per minggu. Beda halnya dengan pekerja part-time yang rata-rata bekerja kurang dari 30 jam per minggu atau 3-5 jam per hari.

Selain itu kerja part-time pun dilakukan secara shift atau bergiliran dan bersifat sementara. Pekerjaan part-time biasanya dilakukan di restoran, hotel, kafe, toko, dan perusahaan lainnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu perbedaan antara kerja freelance dan part-time. Kalo kamu tertarik dengan kedua pekerjaan tersebut, sekarang saatnya untuk memilih ingin bekerja freelance atau part-time?

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Kerja Freelance Dengan Kerja Part Time!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel