Kamu Masih Kuliah? Nih, Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa

Sepertinya hampir semua mahasiswa mau punya uang saku tambahan, terutama mereka yang tinggal jauh dari orang tua.

Tapi, pekerjaan full time sudah pasti bukan pilihan, karena prioritas waktu mahasiswa tentu dipakai untuk kuliah, mengerjakan tugas, belajar, dan persiapan ujian.

Nah, kerja paruh waktu atau part time biasanya jadi jawaban untuk mahasiswa yang butuh uang tambahan.

Selain itu, bekerja di sela-sela waktu kuliah dan mengerjakan tugas adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada melakukan hal-hal hedonis yang kurang manfaat.

Beberapa contoh pekerjaan paruh waktu yang paling umum dipilih mahasiswa adalah; tutor atau guru les, fotografer, graphic designer, online marketer dan penterjemah.

Bahkan sekarang banyak juga mahasiswa yang jadi pemandu wisata di kota-kota tujuan wisata karena travelling sudah semakin mudah dan jumlah turis pun meningkat. Ini tentu menjadi peluang yang tidak boleh dilewatkan.

Pekerjaan-pekerjaan ini tentu menjanjikan pemasukan yang lumayan. Tapi beberapa diantaranya membutuhkan tenaga dan biaya ekstra seperti misalnya transportasi.

Cara konvensional ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah karena faktanya hampir semua mahasiswa sekarang punya laptop, smartphone, dan akses internet.


 Jadi, kenapa tidak coba untuk jadi freelancer online?

Ini pekerjaan yang sebenarnya sangat cocok untuk mahasiswa. Karena waktunya bebas dan bisa dikerjakan darimana saja termasuk perpustakaan kampus dan kamar kost.

Dua situs freelancer terbaik untuk mahasiswa yang bisa kamu coba adalah:

1. Ruangguru.com

Beberapa orang suka jadi guru les dan berinteraksi langsung dengan muridnya. Orang tua murid yang mempercayakan pelajaran tambahan anaknya pada si guru les juga pasti ingin selalu bisa berkomunikasi tentang kemajuan anaknya dan lain sebagainya.

Apa ini bisa dikerjakan secara online?

Bisa! Coba buka ruangguru.com dan pelajari situs freelance yang dikhususkan untuk tutor atau guru les ini.

Kalau kamu menggunakan cara konvensional, kamu perlu keluar biaya untuk memasang iklan di koran atau membuat selebaran untuk disebar di sekolah-sekolah.

Nah, melalui ruangguru kamu hanya perlu mendaftar sebagai guru les. Gratis!

Kamu bisa mendaftar dengan menggunakan akun facebook atau kalau tidak mau, kamu bisa buat akun baru dengan memasukkan alamat email.

Kamu bisa pilih juga apakah kamu ingin jadi guru offline, yang nantinya akan bertemu langsung dengan murid, atau guru online yang akan mengajar melalui aplikasi yang disediakan oleh ruangguru.com

Website ini sangat memudahkan kamu untuk mendapatkan murid dan mengatur jadwal mengajar. Sehingga kamu bisa lebih fokus membuat bahan ajar yang berkualitas.

Lalu, tidak seperti situs freelancer umum lainnya, di ruangguru yang akan menentukan kemajuan pekerjaan kamu bukanlah proposal tapi kelengkapan informasi yang kamu sediakan.

Gunakan bahasa yang sopan dan terpelajar, karena kamu akan jadi panutan murid. Tulis riwayat pendidikan dan pengalaman mengajar kamu, jika ada, dengan lengkap.

2. Studentjob.co.id

Website ini adalah semacam one-stop spot untuk mahasiswa. Karena selain menawarkan banyak lowongan kerja, disini juga kamu bisa mendapatkan informasi lain seputar perkuliahan dan dunia mahasiswa seperti beasiswa dan sertifikasi.

Disini kategori pekerjaannya tidak berdasarkan keahlian seperti pada situs freelancer lain. Tapi dibagi menjadi fulltime, freelance, part time, magang, dan volunteer.

Sebenarnya pembagian kategori ini agak rancu, karena spesifikasi magang dan freelance bisa dibilang serupa. Jadi, kamu rajin-rajin saja browse lowongan yang ada dan lihat mana yang paling cocok.

Meskipun pilihan pekerjaannya banyak, tidak semuanya bisa dikerjakan secara online. Banyak juga yang mengharuskan kamu untuk datang ke kantor atau venue yang ditentukan kalau pekerjaannya semacam menjadi boothstaff.

Beberapa lowongan juga masih terpasang meskipun deadline penerimaan lamarannya sudah lewat. Nah, sekali lagi, rajin-rajinlah browse dan membaca deksripsi tiap lowongan yang sekiranya kamu minati.

Beberapa employer yang menggunakan studentjob.co.id bisa dibilang cukup bergengsi. Seperti gogirl, erafone, dan uber. Jadi situs freelancer untuk mahasiswa ini seharusnya bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk mendapat penghasilan tambahan yang bahkan mungkin bisa menjadi batu loncatan karir kamu setelah lulus kuliah.

Kamu juga bisa mencoba mencari pekerjaan lepas melalui twitter dan kaskus. Beberapa orang lebih suka mengiklankan proyek mereka dalam lingkup yang lebih kecil. Jadi sebaiknya cari juga melalui Google.

Satu hal yang akrab dengan mahasiswa adalah menulis. Maka ini juga bisa dianggap life skill yang bermanfaat untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan tambahan.

Kamu bisa jadi kontributor untuk beberapa website yang marketnya adalah remaja dan dewasa muda, contentwriter, atau editor.

Kalau kamu kebetulan adalah mahasiswa jurusan jurnalistik, sastra, seni, arsitektur, atau desain, maka lowongan pekerjaan online untuk kamu terbuka lebih lebar dibanding yang lainnya.

Karena ketiga jurusan pendidikan ini bisa menghasilkan produk yang mudah dikemas dalam bentuk digital sehingga memungkinkan untuk dikerjakan secara online.

Tapi biasanya mahasiswa jurusan arsitektur dan desain sudah terlalu sibuk dengan tugas kuliah mereka sehingga tidak terlalu banyak yang ingin menambah load pekerjaan mereka dengan menerima proyek dari luar.

Data entry juga jadi salah satu proyek favorit yang dicari mahasiswa karena tidak membutuhkan terlalu banyak syarat keahlian dan umumnya bisa dikerjakan oleh semua orang.

Satu hal yang harus benar-benar diperhatikan oleh mahasiswa yang ingin mencoba pekerjaan freelance adalah memastikan proyek yang diambil berasal dari employer yang bisa dipercaya dan punya latar belakang yang baik.

Kenapa?

Karena mahasiswa biasanya belum punya pengalaman bekerja dan masih dianggap hijau.

Kurangnya informasi tentang dunia kerja bisa saja menjerumuskan. Jadi pastikan kamu mencari informasi di tempat yang bisa dipercaya dan kredibel. Dua situs yang kamu rekomendasikan diatas, contohnya.

Pekerjaan freelance untuk mahasiswa juga seharusnya hanya menjadi tambahan untuk mendapat uang saku lebih. Jadi jangan sampai pekerjaan kamu mengganggu kuliah.

Berkomitmen lah dengan prioritas. Oke, memang ada beberapa mahasiswa yang drop out tapi lebih sukses daripada yang kuliahnya selesai sampai jadi sarjana. Tapi, tentu saja, pendidikan tidak sebaiknya dianggap remeh. Apalagi kalau biayanya ditanggung orang tua kamu.

Mereka pasti mengharapkan yang terbaik. Yang luar biasa adalah, kalau kamu bisa kuliah sambil kerja dan melakukan keduanya dengan cemerlang.

Kamu lulus dengan nilai bagus sekaligus sudah punya bekal pengalaman kerja. Howcoolisthat? Tapi tentu saja semuanya hanya bisa didapat kalau kamu mau bekerja keras.

Belum ada Komentar untuk "Kamu Masih Kuliah? Nih, Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel