4 Jenis Pekerjaan Freelance Untuk Karyawan

Apa kamu sering merasa jenuh dengan pekerjaan yang kamu jalani sekarang?

Jangan kuatir, kamu bukan satu-satunya yang merasa begitu. Ada banyak karyawan yang merasa “terjebak” dalam pekerjaan mereka karena beberapa faktor.
  • Pertama, kebutuhan sehari-hari yang memaksa orang untuk memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan minatnya. Mau tidak mau harus bekerja. Apapun jenisnya, kalau ingin bertahan hidup
  • Kedua, sistem recruitment pekerjaan kantoran yang mengharuskan orang untuk punya ijazah atau tingkat pendidikan minimal
Orang-orang yang mahir karena belajar otodidak mungkin punya kesempatan yang lebih kecil mendapatkan pekerjaan dibanding mereka yang punya latar belakang pendidikan formal. Akhirnya mereka memilih profesi lain yang kurang diminati.
  • Ketiga, bayaran yang diterima tidak sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan. Ini paling umum sekaligus paling menyiksa batin
Kamu termasuk yang mana?

Ketidakpuasan profesi ini membuat orang berharap mereka bisa ganti pekerjaan yang lebih menyenangkan atau yang gajinya lebih besar. Ini sangat wajar, kok. Tapi kedua hal ini bukan perkara yang mudah untuk diwujudkan.

Kalau boleh milih mungkin sebagian orang ingin jadi Travel writer, misalnya. Jalan-jalan dan dibayar pula.

Atau memilih bekerja di perusahaan tertentu yang sudah terkenal dan bisa menggaji tinggi karyawannya. Berangan-angan itu menyenangkan, tapi kenyataan tidak selalu manis.

Pekerjaan tetap memang menawarkan kepastian; pendapatan teratur setiap bulan dan mungkin jenjang karir yang menggiurkan. Tapi di saat bersamaan pula, kepastian dan keteraturan ini bisa jadi sangat menjenuhkan.

Menjadi freelancer bisa membantu seorang karyawan untuk lepas dari rutinitas ini. Nah, lalu apa saja jenis pekerjaan freelance yang bisa dilakukan seorang karyawan? Banyak!

1. Menulis

Kamu mungkin seorang akuntan di kantor, tapi passion kamu yang sesungguhnya adalah menulis. Maka carilah proyek freelancing yang bisa membantu kamu menyalurkan hasrat menulis ini.

Kalau kamu memang handal tidak menutup kemungkinan kamu bisa direkrut jadi penulis tetap di sebuah website atau dikontrak untuk menulis buku. Mimpi jadi kenyataan.

2. Designing

Ini adalah pekerjaan lepas yang paling banyak proyeknya di internet. Mulai dari web designing sampai membuat logo untuk toko online.

Banyak proyek-proyek singkat yang tidak akan terlalu menyita waktu kamu. Dan kalau beruntung bisa dikerjakan tiga sampai empat kali dalam satu bulan dari proyek yang berbeda-beda.


Yang kerennya lagi, kebanyakan freelance designer yang direkrut secara online tidak perlu punya ijazah pendidikan desain. Yang penting portfolio yang bagus dan bukti kalau memang bisa bekerja dengan baik.

Jadi, kalau kamu suka menggambar, utak-atik program grafis di komputer dan mahir melakukannya karena hobi, ini pekerjaan yang cocok untuk kamu coba.

3. Data Entry

Oke, mungkin apapun jenis pekerjaan freelance-nya tidak masalah untuk kamu. Yang penting bisa dapat penghasilan tambahan. Maka data entry adalah salah satu yang bisa kamu coba.

 Apa sih yang biasanya harus dikerjakan pada proyek ini?

Seperti judul pekerjaannya, yang harus kamu lakukan hanya memasukkan data sesuai permintaan.

Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari data untuk excel form. Upload foto-foto ke website tertentu. Sampai menyalin teks. Yang diperlukan untuk pekerjaan ini hanya ketelitian, ketepatan, dan kecepatan.

4. Konsultan

Ini bisa jadi pilihan yang tidak bisa diambil kebanyakan orang karena membutuhkan keahlian khusus.

Biasanya orang-orang yang memilih pekerjaan freelance ini adalah mereka yang memang ahli di bidangnya dan profesi aslinya berhubungan dengan proyek yang dikerjakan.

Konsultan freelance biasanya sudah mantap dengan pekerjaan tetapnya, tapi butuh mengerjakan proyek-proyek sampingan untuk menambah pengalaman disamping penghasilan.

Ada banyak lagi pilihan pekerjaan lepas yang bisa dipilih karyawan tapi tidak puas dengan rutinitas kantorannya. Proyek-proyek freelance ini bisa kamu cari di website-website freelancer.

Pada intinya, seorang karyawan bisa memilih pekerjaan freelance apa saja. Selama ia punya waktu untuk memenuhi target di sela kesibukan hariannya. Apakah itu sepulang kerja atau di akhir pekan. Tergantung dari seberapa cepat klien ingin proyeknya diselesaikan.

Belum ada Komentar untuk "4 Jenis Pekerjaan Freelance Untuk Karyawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel