Cara Mendaftar Kerja Freelance Di Sribulancer.com

Kali ini saya akan ajak kamu untuk lebih mengenal sribulancer.com, yang notabene adalah salah satu situs freelancer lokal terbaik dan punya reputasi yang baik.

Di sribulancer, kamu bisa browsing pekerjaan yang menarik tanpa harus mendaftar. Tapi, untuk bisa melamar, tentu kamu harus punya profil dulu disana.

Caranya gampang, kok. Karena ini situs lokal, bahasa pengantar utamanya adalah Bahasa Indonesia.

Awali dengan klik register. Lalu kamu akan diminta untuk memilih apakah kamu mau mendaftar sebagai klien atau pekerja. Jangan salah pilih, ya.

Setelah itu, kamu harus mengisi beberapa box seperti nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan username sesuka kamu.

Kalau sudah selesai, kamu akan mendapat email dari sribulancer yang berisi link untuk verifikasi. Simple, cukup klik link-nya. Kalau sudah, selamat! Sekarang kamu sudah resmi bergabung dengan ribuan freelancer lain di sribulancer.

Kita akhirnya sampai pada bagian yang agak susah. Ya, bukan susah juga, sih. Tapi lebih ke tricky.

Setelah kamu terdaftar, mulailah membuat profil yang meyakinkan. Tulis lagi nama lengkap kamu, title (atau keahlian utama kamu; apakah itu designer atau programmer), nomor telepon, tanggal lahir, dan deskripsi singkat tentang kamu.

Upload juga foto kamu. Ingat, fotonya yang pantas untuk melamar pekerjaan ya. Usahakan tidak memasang foto selfie yang aneh-aneh.

Berikutnya, kamu harus lebih spesifik tentang keahlian yang kamu punya. Ini akan membantu untuk mendapat informasi lowongan pekerjaan baru yang sesuai.

Masukkan sebanyak mungkin keahlian yang kamu kuasai, ya. Karena semakin detail, semakin banyak juga info pekerjaan yang akan kamu dapat nantinya. Oke, sekarang profil kamu sudah lengkap dan bisa disimpan.

Tapi ..belum selesai. Nanti di bagian bawah halaman profil kamu akan ada tiga tab yang isinya yaitu ulasan, profile details, dan portfolio. Bagian ulasan ini akan diisi oleh klien yang merekrut kamu, yang nantinya akan membantu kamu untuk membangun reputasi di sribulancer.

Semakin banyak ulasan bagus, semakin yakin klien untuk merekrut kamu.

Nah, saatnya mengisi tab details yang kurang lebih seperti CV. Isi dengan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja yang kamu punya. Tab portfolio tentunya bisa kamu isi dengan file-file hasil kerja kamu sebelumnya.

Pastikan kamu meng-upload karya terbaik kamu. Karena ini akan sangat menolong klien untuk mengetahui apakah kemampuan kamu sesuai untuk proyek yang mereka punya atau tidak.

Kalau semua sudah selesai, you’re good to go. Mulailah browsing pekerjaan yang kamu suka, dan ajukan proposal.

Catatan penting: 

Isii semua informasi pribadi kamu dengan jujur. Karena, jujur pangkal keberhasilan jangka panjang.

Jangan pernah mengklaim hasil karya orang lain sebagai portfolio kamu, karena ini akan jadi bumerang. Kalau ternyata klien suka dan memilih kamu untuk proyek yang mereka punya, tapi ternyata kamu tidak mampu, ini akan merusak reputasi kamu sebagai freelancer.

Sudah siap mengajukan proposal? Ayo kita lihat bagaimana cara “membaca” lowongan kerja di sribulancer.


Kamu bisa browse dan memfilter pekerjaan yang kamu cari berdasarkan jenis job, proyek yang masih open (artinya masih menerima proposal), harga proyek, dan berapa lama proyek tersebut sudah terbuka di sribulancer.

Pada setiap box lowongan pekerjaan, lihat apakah ada tanda “open” berwarna biru di kanan atasnya. Jika ada, maka proyek tersebut masih mencari pekerja.

Di bagian bawahnya kamu bisa melihat siapa klien yang memposting proyek tersebut. Kapan lowongan tersebut dipasang. Berapa budget yang ditawarkan. Sudah berapa banyak orang yang melamar. Dan baca baik-baik juga deskripsi pekerjaannya.

Kalau kamu tertarik dan merasa yakin bisa melakukan pekerjaan yang diminta, klik tombol “daftar untuk pekerjaan ini.” Dari sana kamu akan melihat halaman baru dimana ada box berisi nominal yang ditawarkan klien. Ini yang disebut bidding. Kamu bisa memasukkan fee yang kamu minta.

Jika kamu berani meminta jumlah yang lebih kecil maka biasanya ini akan jadi bahan pertimbangan klien juga. Tapi kalau kamu yakin kamu pantas mendapat bayaran sejumlah budget awal yang ditawarkan, maka tidak perlu mengubah isi box ini.

Nah, ini juga penting, ada box yang bisa kamu isi sebagai perkenalan (atau biasa disebut cover letter pada sistem lamar kerja konvensional). Jelaskan kenapa kamu adalah orang yang tepat untuk proyek tersebut. Usahakan padat dan berisi, ya.

Kamu juga bisa mengupload file tambahan kalau klien mencantumkan syarat tertentu seperti misalnya contoh tulisan tentang sebuah topik, atau contoh desain yang lebih spesifik. Selesai sudah. Kirimkan penawaran kamu pada klien dan tunggu kabar baik dari mereka.

Saran saya: 

Kalau kamu masih baru memulai, jangan berharap berapa banyak yang bisa kamu dapat dari suatu proyek. Ini akan pelan-pelan meningkat bersama reputasi kamu.

Tentu saja, semua orang ingin penghasilan yang baik. Tapi kalau kamu ingin bertahan lama sebagai seorang freelancer, yang pertama harus dijaga adalah Track record kamu.

Karena ada banyak sekali orang yang punya keahlian diluar sana. Artinya saingan kamu juga banyak.

Kalau kamu tidak mendahulukan pengalaman dan lebih sibuk mengejar proyek bernilai besar, kamu bisa jadi disalip oleh freelancer lain yang lebih tekun memulai dari bawah dengan proyek-proyek kecil tapi bisa memberi mereka catatan baik yang akan terus mereka bawa di profil mereka.

Jadi, kalem saja. Pelan tapi pasti. Tekun. Coba apply sebanyak mungkin pekerjaan yang kamu rasa mampu kamu kerjakan, dan semua akan berjalan teratur dari sana.

Nah, sekarang kamu sudah tahu betul bagaimana cara memulai kerja di sribulancer. Jangan bingung lagi, ayo mulai dari sekarang, jangan menunda. Perkaya diri kamu dengan pengalaman tanpa batas dan nikmati hasil kerjamu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendaftar Kerja Freelance Di Sribulancer.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel