Ingin Dibayar Dollar? Yuk, Daftar Kerja Di Freelancer.com

Sesudah kita berkenalan dengan website bursa kerja freelance lokal pada artikel yang lalu, sekarang ayo kita naik ke level internasional.

Saya akan mengajak kamu untuk tour singkat sekaligus belajar cara mendaftar di freelancer.com

Situs ini adalah salah satu situs freelance terbesar di dunia. Itu bisa dilihat dari domain yang mereka punya.

Kalau kamu mengetik kata kunci “freelancer”, maka situs ini akan ada di urutan teratas pada hasil pencarian. Freelancer.com adalah website induk yang membawahi cabang-cabang yang salah satunya adalah freelancer.co.id.

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya kecuali bahasa pengantar yang digunakan. Hanya saja, belum seluruh bagian dari website ini diterjemahkan ke bahasa Indonesia, seperti pada bagian bantuan.

Petunjuk dan panduannya masih menggunakan bahasa Inggris. Yang lebih penting lagi, pemberi kerja seluruhnya juga posting menggunakan bahasa Inggris. Jadi, pastikan kemampuan bahasa kamu cukup baik sebelum memutuskan untuk bergabung dengan website ini, ya.

Freelancer.com diakui sebagai pasar crowdsourcing terbesar di dunia.

Itu adalah gabungan dari kata crowd dan outsourcing, yang artinya proses penyatuan layanan, ide, dan isi dari sebuah proyek oleh sekelompok orang, khususnya komunitas online, yang hanya berlaku selama proyek berjalan.

Di Indonesia tenaga outsourcing masih dipandang sebelah mata. Tapi di dunia kerja online internasional, tenaga lepas seperti ini justru bisa berkembang jauh lebih pesat dibanding mereka yang kerja kantoran.

Freelancer.com memfasilitasi lebih dari 20 juta klien dan freelancer dengan lebih dari 10 juta proyek.

Bayangkan betapa banyaknya peluang yang bisa kamu dapatkan disini. Belum mulai pun sudah excited, kan?

Tahan dulu, kita jalan dulu step by step supaya kamu bisa lebih yakin (atau tidak) untuk bergabung dengan jutaan freelancer lain di seluruh dunia.

Tips: lebih baik gunakan desktop atau aplikasi mobile yang disediakan website ini, karena tampilan mobile browser-nya agak membingungkan.

Di halaman home, atau awal, kamu bisa langsung memilih tombol “bekerja”. Dari situ, kamu bisa pilih apakah kamu ingin mendaftar dengan menggunakan akun facebook atau membuat profile baru (signup) tanpa menghubungkannya dengan facebook.

Setelah berhasil, kamu bisa pilih username yang kamu suka. Setelah itu, dashboard kamu akan terbuka. Dashboard ini sama dengan yang ada di mobil lah, sederhananya. Disana semua aktivitas yang kamu lakukan di freelancer.co.id bisa dilihat dan dipantau.

Pada dashboard, akan muncul foto kamu, username, lokasi, tanggal lahir, dan rekomendasi.

Bagian terakhir ini hanya bisa diisi oleh klien setelah kamu menyelesaikan pekerjaan. Ya, semacam tanda bintang atau jempol lah.

Lengkapi profile dengan klik tombol “edit profile”, lalu isi kolom experience, education, certification, dan publication.

Ya, semua bagian ini harus kamu isi menggunakan bahasa Inggris. Bagian certification bisa diisi kalau kamu sudah mengikuti semacam ujian yang disediakan oleh freelancer.com. Tapi fitur ini berbayar.

Ujian apa yang bisa kamu ikuti?

Banyak. Yang paling umum dan mendasar adalah ujian bahasa. Lalu, kolom publication dikhususkan bagi mereka yang hasil karyanya sudah pernah diterbitkan secara resmi. Ini akan sangat berguna bagi mereka yang keahlian utamanya adalah menulis.

Kamu juga akan diminta untuk memilih maksimal 20 jenis keahlian yang dikuasai untuk kemudahan pihak freelancer.co.id memilihkan lowongan yang cocok. Setelah CV ini lengkap, kamu bisa upload beberapa portfolio. Lalu, mulailah melamar pekerjaan.

Sekarang saatnya melihat seperti apa aturan main antara klien dan freelancer di website ini. Karena ini adalah bursa kerja internasional, maka jenis pekerjaannya sangat beragam dan datang dari seluruh penjuru dunia.


Pada setiap proyek yang terbuka, kamu bisa melihat anggaran yang dipasang. Jangan kaget ya, nominalnya bisa sangat besar karena mata uang yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari USD, Euro, sampai Baht.

Disinilah kamu harus pintar-pintar bidding atau melelang jasa kamu. Perhatikan berapa jumlah rata-rata yang diminta para pelamar. Coba untuk menawar lebih rendah dari rata-rata ini kalau kamu masih newbie.

Di setiap halaman proyek juga kamu bisa melihat countdown menuju waktu ditutupnya lowongan. Selain itu, yang penting, baca deskripsi proyeknya dengan seksama.

Klien akan mencantumkan keahlian apa yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang mereka tawarkan. Terakhir, kamu bisa melihat siapa klien yang memposting proyek tersebut.

Sebenarnya, sampai disini, kamu sudah bisa jalan sendiri.

Tapi, tidak ada salahnya untuk melihat lebih detail tentang website ini. Mengingat banyaknya yang bergabung, tentu harus ada prioritas untuk bisa mempermudah beberapa orang yang memang betul-betul membutuhkan.

Dan, untuk itu, ada harga ada rupa. Freelancer.com memang menggratiskan pendaftaran, tapi mereka juga menawarkan keanggotaan berbayar dengan kelebihan-kelebihannya.

Misalnya, kalau kamu anggota gratisan maka kamu hanya boleh melamar maksimal 8 pekerjaan dalam satu bulan. Nah, kalau kamu upgrade ke keanggotaan Professional, kamu boleh melamar sampai dengan 300 lowongan dalam satu bulan. Wow, kan?

Dibawah Professional ada level Intro dan Basic dengan biaya bulanan yang tidak terlalu mahal. Tapi, kalau kamu baru mulai, sebaiknya coba yang gratis dulu.

Jadi, ya memang banyak sekali tawaran menggiurkan di website ini. Pertama, karena proyek yang ditawarkan bisa memberi kamu pengalaman kerja yang luar biasa. Kedua, karena beberapa nilai proyeknya fantastis untuk ukuran orang Indonesia.

Nah, sekali lagi, ada harga ada rupa. Proyek-proyek besar tentu menuntut kesempurnaan dari pekerja yang direkrut, dan ini adalah tanggung jawab yang besar.

Tapiiii...jangan surut langkah. Freelancer harus nekat. Kalau tidak mencoba, kamu tidak akan pernah tahu sampai mana kemampuanmu.

Intinya tetap sama dimanapun kamu melamar pekerjaan. Apakah itu di situs lokal ataupun internasional semacam freelancer.com. Kuncinya selalu kemauan untuk kerja keras, tekun, jujur dan rajin menabung.

Ini serius! Karena nanti saat kamu sudah berhasil menyelesaikan sebuah proyek dan mendapat “gaji”, uang kamu akan tersimpan sementara di freelancer.com sampai jumlah tertentu sebelum nantinya kamu cairkan melalu PayPal atau Skrill.

Jangan kuatir. Meskipun dipotong 10%, gaji kamu aman dan pasti akan kamu terima.

Kalau kamu belum pernah menggunakan PayPal maupun Skrill, kamu bisa cari-cari informasi lebih lanjut tentang keduanya supaya faham dan yakin bagaimana sistem pembayaran yang berlaku.

Sekarang sudah saatnya bersaing di pasar global. Jadi ayo coba untuk bergabung di website ini. Tantang diri kamu sendiri, dan dorong kemampuan kamu sampai batas maksimal.

Dunia kerja internasional tidak se-ngeri yang di bayangkan, kok. Dan freelancer.com bisa membantu kamu untuk membuktikannya.
 

Belum ada Komentar untuk "Ingin Dibayar Dollar? Yuk, Daftar Kerja Di Freelancer.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel