Wah! Ternyata Ini 7 Keuntungan Menjadi Pekerja Freelance

Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah freelance yang mana merupakan salah satu jenis pekerjaan yang sedang diminati banyak orang saat ini.

Orang-orang yang bekerja freelance sering disebut juga dengan pekerja lepas. Pekerja freelance biasanya bekerja secara mandiri dan tidak terikat kontrak jangka panjang.

Sebagian orang sering memandang sebelah mata para pekerja freelance karena memiliki penghasilan yang gak tentu.

Padahal menjadi pekerja freelance memiliki keuntungan tersendiri yang tidak akan bisa didapatkan oleh pekerja kantoran.

Nah, berikut ini ada 7 keuntungan yang akan kamu dapatkan saat menjadi pekerja freelance.

1. Tempat dan jam kerja fleksibel

Salah satu keuntungan menjadi pekerja freelance adalah kamu bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. Kamu tidak seperti pekerja kantoran yang bekerja sesuai dengan jam kerja yang sudah ditentukan.

Dengan menjadi pekerja freelance, kamu bisa bekerja di rumah sambil menonton TV. Atau bahkan di luar rumah sekalipun, seperti di kafe atau perpustakaan dengan hanya berbekal laptop, koneksi internet, dan software/aplikasi.

Karena jam kerja yang fleksibel, kamu pun bisa memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga atau orang tercinta.

2. Bekerja sesuai passion dan kemampuan

Bisa bekerja sesuai dengan passion dan kemampuan yang dimiliki memang merupakan salah satu impian banyak orang. Hal tersebut bisa saja terwujud dengan bekerja freelance.


Hampir semua pekerja freelance bekerja sesuai dengan passion dan kemampuannya. Maka dari itu, terkadang pekerja freelance tidak harus memiliki pendidikan yang tinggi.

3. Mendapatkan penghasilan tak terbatas 

Untuk kamu yang masih mahasiswa/pelajar atau yang sedang mencari penghasilan tambahan, menjadi pekerja freelance bisa menjadi pilihan.

Dalam bekerja freelance kamu bisa mengambil beberapa proyek sekaligus. Jika hasil pekerjaanmu bagus, tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Oleh karena itu, banyak orang yang memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan memilih menjadi freelancer yang memiliki penghasilan lebih besar dari pekerja kantoran.

4. Kesempatan mengembangkan diri

Keuntungan lain pekerja freelance adalah kamu bisa mengembangkan kemampuanmu. Pekerja freelance tidak jarang mendapatkan saran dan pelajaran baru saat mengerjakan proyek dari klien.

Hal tersebut bisa menjadi acuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan diri apalagi jika kamu masih baru dalam dunia freelance.

5. Kamu adalah bosnya

Siapa yang tidak ingin menjadi bos? Salah satu jabatan ini memang sering diidam-idamkan oleh banyak orang. Jika kamu menjadi pekerja freelance, kamu akan menjadi bos untuk diri sendiri.

Karena pada dasarnya, pekerja freelance merupakan pekerja lepas tanpa ikatan sehingga tidak ada yang akan mengawasi atau mengatur kamu saat bekerja.

6. Bebas memilih pekerjaan dan klien

Keuntungannya menjadi pekerja freelance adalah kamu bebas memilih klien serta proyek yang kamu minati. Kamu bisa saja menolak proyek dari klien jika kamu tidak tertarik dengan proyek tersebut.

7. Banyak pengalaman dan koneksi 

Selama menjadi pekerja freelance, kamu pasti akan mendapatkan banyak pengalaman dari proyek yang kamu kerjakan. Di samping itu, kamu bisa membangun koneksi dengan para klien yang pernah bekerja sama.

Jika pekerjaanmu bagus dan memuaskan, klien bisa saja mengajakmu bekerja sama lagi, atau merekomendasikan kamu kepada orang lain.

Itu tadi diantara 7 keuntungan menjadi pekerja freelance. Kalo kamu tertarik ingin menjadi freelancer persiapkan dirimu dengan baik.

Seperti punya portofolio yang baik dan mulailah berproses dari bawah. Utamakan lebih dahulu membangun reputasi dari setiap proyek yang dipercayakan kepada kamu nantinya.

Belum ada Komentar untuk "Wah! Ternyata Ini 7 Keuntungan Menjadi Pekerja Freelance"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel