Mau Kerja Freelance? Nih, 10 Situs Freelance Terbaik Di Indonesia

Akhir-akhir ini, bekerja freelance menjadi salah satu pilihan banyak orang. Karena selain untuk penghasilan tambahan dan memanfaatkan waktu luang, kerja freelance juga bisa dilakukan dari rumah dan memiliki jam kerja yang fleksibel.

Apalagi di era modern ini sudah banyak situs freelancer yang menawarkan berbagai macam pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki dan harga yang kamu inginkan.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa situs freelancer terpercaya yang bisa kamu kunjungi untuk mencari lowongan pekerjaan freelance.

Untuk kamu yang tertarik bekerja sebagai freelancer atau sedang mencari lowongan pekerjaan freelance, berikut ini ada beberapa situs freelancer terbaik di Indonesia.

1. Sribulancer.com

Website ini berbasis di Indonesia. Dan karena itu mayoritas lowongan pekerjaan dan proyek freelance yang ditawarkan berasal dari Indonesia.

Di situs ini ada banyak sekali kesempatan kerja yang terbuka untuk berbagai bidang keahlian. Mulai dari web designer, developer game, fotografer, photo editor, penulis, dan banyak lagi.

Tampilannya mudah dipahami oleh freelancer pemula. Dan pekerjaan yang diinginkan bisa dicari dengan nyaman sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Sribulancer juga akan membantu freelancer untuk menemukan proyek yang tepat berdasarkan profil yang dibuat.

Keamanan kerja antara pembuat proyek dan mereka yang direkrut dipastikan terjamin.

Reputasi kedua belah pihak bisa dilihat dengan transparan melalui review yang mereka dapat. Sehingga membantu pengguna lain untuk menentukan employer mana yang memiliki kredibilitas baik.

Dan begitu juga sebaliknya, para pembuat proyek bisa memutuskan mana freelancer yang meyakinkan untuk direkrut berdasarkan hasil kerja mereka di Sribulancer.

2. Projects.co.id

Sama seperti Sribulancer, website freelancer ini juga berbasis di Indonesia – di Bandung tepatnya- sehingga proyek-proyek yang ditawarkan berasal dari dalam negeri.

Kenapa beberapa orang merasa lebih nyaman menggunakan situs bursa kerja lokal?

Pertama, karena komunikasi lebih mudah dilakukan. Kedua, freelancer merasa lebih nyaman dengan sistem pembayaran yang berasal dari dalam negeri.

Di situs ini, pembuat proyek disebut owner sedangkan pencari kerja disebut worker. Selain membuka bursa kerja, project.co.id juga membantu mereka yang bergerak di bidang jasa industri kreatif untuk menjual “produk” mereka.

Dalam hal ini, produk tersebut harus bisa dibuat dalam bentuk file dan dikirim secara online kepada pembeli. Sistem ini juga berlaku untuk freelancer yang bergabung dalam project.co.id karena tagline mereka adalah ..
Semua pekerjaan bisa dikemas dalam bentuk file
Pekerjaan apa yang bisa dicari melalui situs ini?

Banyak. Desain grafis, pembuatan aplikasi, penulisan, voice talent, jasa pajak, data entry, dan banyak lagi. Bahkan pekerjaan yang sangat unik sekalipun.

Jaminan kerja menjadi prioritas project.co.id karena mereka ingin memastikan kedua pihak merasa puas dan mendapatkan haknya. Maka mereka, selain sebagai wadah, bekerja juga sebagai mediator, fasilitator, dan penjamin.

Mereka bahkan punya tim arbitrator yang siap menyelesaikan masalah jika terjadi sengketa antara owner dengan worker.

Pembayaran yang mereka tawarkan sangat nyaman, yaitu transfer antar bank. Jadi, tidak perlu kuatir pekerjaan kamu selesai tanpa pembayaran yang pasti.

3. Freelancer.co.id

Websitefreelancer ini digunakan banyak sekali pencari kerja lepas karena termasuk yang paling besar. Berinduk pada freelancer.com, cabang Indonesia ini tidak banyak perbedaannya kecuali dari bahasa pengantar yang digunakan di dalam situs.

Nah, pekerjaan yang ditawarkan datang dari seluruh dunia. Jadi pesaing untuk tiap pekerjaan pun datang dari pasar internasional.

Website ini menyediakan juga sertifikasi dan ujian online untuk mendapatkan lencana yang nantinya akan terpasang di profile freelancer. Sebagai nilai tambah untuk bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Salah satu sertifikasi yang disediakan adalah ujian kemampuan Bahasa Inggris. Tapi, tentu saja, ini adalah fitur berbayar.

Freelancer.co.id menawarkan pekerjaan freelance yang lebih beragam dan dengan pasar yang lebih luas. Tapi juga tingkat kesulitannya berbeda dari yang ditawarkan situs lokal.

Bisa dari perbedaan etos kerja, komunikasi, dan ketentuan yang mungkin tidak umum digunakan employer lokal.

Nah, kalau kamu merasa percaya diri, ayo coba bergabung dengan salah satu situs freelance terbaik di dunia ini dan bangun portfolio kamu disini untuk karir yang cemerlang.

4. Upwork.com

Seperti juga freelancer.co.id, Upwork menawarkan pekerjaan freelance dari seluruh dunia dengan banyak sekali pilihan. Tapi, user interface di situs ini jauh lebih mudah untuk digunakan dibanding yang digunakan di freelancer.co.id .

Tapi, tentu saja, ini hanya soal kebiasaan dan selera saja. Keduanya sama baik dalam hal memfasilitasi freelancer untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Sama juga dengan situs freelancer pada umumnya, upwork memberi kebebasan bagi pencari kerja untuk me-lelang (atau bidding) jasa mereka.

Umumnya employer akan mencari pekerja dengan fee paling rendah tapi memiliki kualitas kerja yang baik.

Maka, perhatikan jenis pekerjaan yang ditawarkan. Apakah mereka minta kamu menyelesaikan satu proyek penuh atau hanya pekerjaan per-jam. Ini akan menentukan berapa banyak yang layak kamu minta dan nantinya akan jadi pertimbangan employer untuk merekrut kamu.

Untuk freelancer pemula yang sudah berani untuk melompat ke pasar kerja internasional, upwork adalah situs yang ideal untuk memulai.

5. Peopleperhour.com

Fitur unik yang ditawarkan di situs freelance yang satu ini adalah hourlie. Ini adalah cara bagi para freelancer untuk menawarkan keahlian mereka dalam bentuk paket yang kemudian bisa dibeli oleh pembuat proyek.

Karena itu, disini istilah untuk pihak pembuat proyek adalah buyer dan freelancer disebut seller.

Halaman profile pada situs ini juga berbeda. Karena selain cv dan portfolio, para freelancer juga bisa memasang galeri yang nantinya akan tampak seperti toko online tapi yang ditawarkan adalah jasa.


Misalnya, kalau kamu seorang photo editor, kamu bisa membuat paket pengerjaan 50 foto editing dalam satu kemasan dengan biaya yang kamu tentukan sendiri.

Karena ini adalah situs internasional, maka mata uang yang digunakan oleh kedua belah pihak pun beragam. Bisa USD, Euro, Yen, dan banyak lagi.

Keunikan yang ditawarkan peopleperhour ini juga menjadi terobosan baru untuk para freelancer. Untuk menentukan seberapa banyak yang bisa mereka kerjakan dalam satu waktu tanpa kuatir tidak bisa memenuhi deadline atau kuota kerja yang ditentukan employer.

6. Fastwork

Fastwork merupakan salah satu situs freelance terbaik di Indonesia yang memberikan kesempatan kepada para freelancer yang memiliki kemampuan khusus untuk menawarkan jasanya kepada para klien.

Situs freelance ini memiliki sistem kerja yang cepat, bebas, fleksibel, aman dan menguntungkan yang bisa dinikmati oleh para freelancer.

Di Fastwork, kamu bisa menemukan berbagai kategori pekerjaan. Diantaranya grafis dan desain, penulisan dan penerjemahan, web dan pemrograman, visual dan audio, pemasaran dan periklanan, serta jasa konsultasi.

7. Ruangguru

Pasti kamu sering mendengar situs Ruangguru yang dikenal berfokus pada dunia pendidikan dan menyediakan fasilitas bimbingan belajar online.

Di samping itu, Ruangguru juga menyediakan lowongan pekerjaan freelance untuk tenaga pengajar/guru atau yang tertarik untuk mengajar. Para pengajar nantinya akan mengajar secara online atau bahkan bertemu langsung dengan murid.

Untuk mendaftar menjadi pengajar di Ruangguru, kamu harus memliki kemampuan yang bisa diajarkan serta melewati tes online dan simulasi mengajar.

8. Sribu

Sribu merupakan situs freelancer terbaik selanjutnya yang menawarkan jasa desain grafis. Sribu didirikan pada tahun 2011 oleh Ryan Gondokusumo dan merupakan anak perusahaan dari situs freelancer Indonesia yang cukup terkenal yaitu Sribulancer.

Untuk sistem kerjanya, Sribu menggunakan sistem kontes. Dimana para freelancer mengirimkan karya desainnya sesuai dengan proyek yang disediakan klien.

Kemudian klien akan memilih karya yang paling disukai dan freelancer yang memenangkan kontes akan mendapatkan hadiah berupa sejumlah uang.

Ada sekitar 20 kategori desain yang ditawarkan oleh situs freelancer ini. Seperti desain logo, kartu nama, banner, produk, website, baju, interior, cover buku/majalah, dan lain-lain.

9. Gobann

Situs freelancer yang satu ini memiliki konsep yang cukup unik dan sederhana. Gobann menawarkan seluruh jasa dengan harga yang sama yaitu Rp 50.000.

Jasa yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari jasa desain grafis, penulisan, penerjemahan, pemrograman hingga jasa-jasa yang tebilang unik, seperti jasa memberikan nasihat Fengsui rumah, membantu mengerjakan PR atau tugas kuliah, dan lain-lain.

Untuk memudahkan transaksi jual-beli jasa, Gobann menyediakan metode pembayaran dengan T-Cash, Paypal, serta transfer bank.

10. 99Designs

Sama halnya dengan Sribu, 99designs juga merupakan situs freelance yang menawarkan jasa desain grafis dan menggunakan sistem kontes.

Terdapat beberapa kategori yang ditawarkan oleh 99designs. Yaitu desain logo dan identitas, video dan fotografi, desain website dan aplikasi, bisnis dan iklan, baju dan merchandise, seni dan ilustrasi, produk dan label, serta buku dan majalah.

Itulah beberapa situs freelancer terbaik di Indonesia saat ini. Masing-masing situs freelancer tersebut memang memiliki sistem, fasilitas dan keunggulannya sendiri.

Kamu hanya tinggal menentukan dan memilih mana yang cocok serta sesuai dengan seleramu. Jangan lupa untuk kenali dan pahami minat dan kemampuanmu sendiri terlebih dahulu sebelum mulai bekerja. Semoga sukses!

Belum ada Komentar untuk "Mau Kerja Freelance? Nih, 10 Situs Freelance Terbaik Di Indonesia "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel