10 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjadi Freelancer

Kalo kamu ingin menjadi freelancer, kamu harus mulai menyiapkan diri agar nantinya kamu bisa punya karier yang panjang. Apa sajakah itu?

Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum menjadi freelancer.

1. Pilih bidang yang dikuasai

Jenis pekerjaan freelance ada banyak ragamnya. Dari yang mudah sampai rumit tersedia. Jadi mulailah dari bidang yang paling kamu kuasai.

Kalo kamu fokus lama-kelamaan akan menjadi ahli serta akan banyak orang yang menggunakan jasa kamu.

2. Mempunyai portofolio

Portofolio atau daftar pekerjaan yang pernah diselesaikan wajib ada pada diri seorang freelancer. Portofolio ini nantinya akan menjadi pertimbangan dari calon klien.

Semakin bagus portofolio maka akan semakin besar kemungkinan kamu mendapatkan proyek.

Rata-rata klien akan membandingkan portofolio freelancer yang satu dengan yang lain. Maka dari itu keberadaan portofolio ini sangat penting.

3. Selalu mengedepankan kualitas

Hasil pekerjaan yang selalu diminta klien adalah kualitas. Klien pastinya berharap harga yang telah dibayar harus sesuai dengan kualitas pekerjaan. Baginya kualitas adalah hal nomor satu yang harus selalu dikedepankan.

Kalo sudah kualitas yang kamu berikan, bukan tidak mungkin si klien tersebut akan memakai jasa kamu lagi di kemudian hari.

4. Mampu bernegosiasi dengan baik

Sebelum mengambil project tentu ada fase di mana worker dan owner saling bernegosiasi. Entah harga atau deadline yang dibicarakan tentunya semua itu tak lepas dari keinginan masing-masing.


Pada tahap negosiasi ini kamu sebagai freelancer wajib memiliki tata krama yang baik. Pakailah bahasa yang sopan serta tidak menyinggung pihak manapun.

Ini harus benar-benar diperhatikan karena mempengaruhi job kamu. Diterima atau tidaknya suatu lamaran bisa ditentukan dari fase negosiasi ini.

5. Mudah dihubungi

Setelah mengirim lamaran suatu proyek, kamu harus sudah siap dihubungi setiap saat oleh klien. Klien sewaktu-waktu akan menanyakan sampai dimana progress dari proyek yang kamu kerjakan.

6. Pintar mengatur waktu

Seorang pekerja freelance harus pintar mengatur waktu. Memanage waktu perlu diperhitungkan dengan matang, jangan sampai perkiraan waktu yang salah malah membuat pekerjaan kamu terbengkalai.

7. Pandai mengelola keuangan

Freelance merupakan jenis pekerjaan yang agak berbeda dari pekerjaan lain. Freelance sendiri menuntut kita sebagai bosnya, uang yang diperoleh hanya didapat dari setiap proyek yang dipercayakan ke kita.

Jadi kita harus pandai mengelolanya. Segala aspek harus diperhitungkan, dari mulai pemasukan, pengeluaran hingga berbagai macam keperluan. Jadi usahakan menabung juga.

8. Mampu menjalin relasi

Dengan terjalinnya hubungan yang baik tentu ini akan menimbulkan simbiosis mutualisme (saling menguntungkan).

Jika kamu tidak memberikan atitude yang baik dengan klien maka siap-siap akan tergusur dari peta luas dunia kerja freelance.

9. Menepati deadline

Deadline atau tenggat waktu yang diberikan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan benar-benar harus diperhatikan. Deadline itu ditetapkan oleh klien pada saat jobsheet dibuat, jadi wajib hukumnya untuk ditepati.

Di sinilah tanggung jawab sebagai seorang freelancer dipertaruhkan. Seberapapun singkatnya deadline bila job telah disepakati maka harus kamu patuhi.

Jika dirasa kamu gak mampu untuk menyelesaikan project pada jangka waktu yang telah ditentukan ada baiknya dikomunikasikan diawal.

Untuk alasan-alasan tertentu bisa saja klien memaklumi kesalahan kamu dan memundurkan waktu deadline. Namun ada juga klien yang langsung memilih memutuskan hubungan kerja sama. Intinya kamu harus profesional.

10. Handal dalam memasarkan

Selaku pekerja freelance tentu harus handal dalam memasarkan keahlian yang kamu miliki. Bisa melalui media online atau pun offline. Dari segala macam platform bisa kamu pergunakan untuk mengenalkan keahlian kamu.

Demikian ulasan kali ini tentang 10 hal yang harus dipersiapkan sebelum menjadi freelancer. Semoga penjelasan ini dapat menjadikan kerja freelance online sebagai alternatif lain untuk menghasilkan uang melalui internet.

Belum ada Komentar untuk "10 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjadi Freelancer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel